Tips: Membuat Anak Suka Sayuran

Ini sudah menjadi keluhan umum dari para orang tua ketika memberikan makan sayuran maka anak akan menutup mulutnya atau menolak memakannya. Memang membuat anak suka makan sayuran tidak mudah tetapi sebagai orang tua kita tetap harus mencoba membuat anak suka makan sayuran dan buah, karena sayur dan buah sangat baik buat kesehatan mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan.

Dan lagi dengan membuat anak suka makan sayuran maka kita membiasakan cara hidup sehat untuk anak kita yang akan bermanfaat bagi kesehatannya di masa yang akan datang.

Bagaimana membuat anak suka sayuran, sekali lagi tidak mudah tapi juga tidak terlalu sulit yang terpenting orang tua mau terus bersabar dan mencoba semua tips dan trik untuk membuat anak suka makan sayuran.

Dibawah ini beberapa tips untuk membuat anak suka makan sayuran:
Sejak dini.
Mulailah sejak dini memperkenal berbagai variasi makanan sayuran dan buah. Anda dapat memulai sedini mungkin sejak bayi mulai disapih.

Orang tua adalah contoh yang baik.
Nah bila orang tua mau anaknya suka sayuran, maka orang tua harus memberikan contoh bahwa merekapun suka makan sayuran. Makanlah sayuran – buahan dihadapan anak anda sehingga si kecilpun lama kelamaan akan tertarik untuk mencobanya. Bila orang tua tidak suka makan sayuran, bagaimana dengan si kecil dong?

Kreatifitas
Kadang sebagai orang tua kita harus lebih kreatif untuk membantu supaya anak kita suka makan sayuran, dengan membuat masakan sayuran tersebut menarik buat si kecil, jadi tidak selalu tampak sayuran hijau tapi buat sekreatif mungkin, misalnya memotong kecil-kecil lalu dapat di masukan ke mie, nasi tim atau roti isi dsb. Buatlah sekreatif mungkin sehingga anak menyenanginya.

Rasa yang enak
Yang satu ini juga cukup penting selain membuat menarik maka hidangkan rasa sayuran yang enak dan sedap membuat si kecil mau mencobanya lagi.

Snak buah yang menarik.
Snak buah yang menarik? Ya kenapa tidak mencoba menganti snak yang sehat, cobalah hidangkan snak buah anda semenarik, variasi warna dan variasi buah yang membuat sikecil tertarik untuk mencobanya juga dapat dengan membuat Puding dengan taburan buahan, salad buah, jus buahan dll.

Memotivasi BUKAN memaksa.
Tidak usah memaksa anak atau mengancam anak untuk memakan sayurannya, tapi cobalah memotivasi dengan menjelaskan bahwa sayuran itu baik buat kesehatan dll. Bila anak belum mau mencoba jenis sayuran tertentu, sisihkan dahulu dan cobalah kembali beberapa hari kemudian.

Diatas adalah beberapa tips untuk membantu anda membuat anak suka makan sayuran. Anda dapat memvariasikan semua tips yang anda ketahui dan dapatkan, sehingga dapat membuat si kecil tercinta suka makan sayuran.Semoga bermanfaat.

Salam,© 2005-Dr.Suririnah-
www.myonlinerecipe.com

19 comments:

Flowery Crestfallen said...

wah infonya berguna bgt
kebetulan saya sedang mencari akal spy flo suka sayur
thx ya

r3no said...

terimakash atas tulisannya anak saya suka milih milih kalo makan sayuran...

aprilian nilaya said...

duh untung bgt anak saya ga milih2 makanan, minum susunya jg pinter. di susunya ada GA lg, jadi ga pernah diare

mamadimas said...

Makasih udah share artikel nya. Very useful. Anakku milih2 bgt kalo makan (picky eater). Saya sampe stress kadang2. Untung di bantu dgn minum susu formula yg nutrivitnya tinggi..

Unknown said...

untung anak saya suka sayur.. jadinya tidak terlalu khawatir deh.. :D
mungkin kalau ada anaknya yang gak suka sayur, bisa diakalin dengan susu formula yang mempunyai vitamin yang paling pas untuk si kecil..

Dear Diary said...

gak usah pusing.. kalau masih kecil.. diseimbangi saja dengan ASI dan susu formula yang bernutrivit, yang ada AA DHA n ya.. dan yang memiliki kandungan vitamin paling cocok untuk pertumbuhan si kecil..

Dear Diary said...
This comment has been removed by the author.
agnes said...

kalau tips memilih sufor ada gak yah?
anakku kan belum bisa makan sayuran dan sejenisnya.. >.<

aprilian nilaya said...

seperti yang udah aku tulis diatas bun.. kalau aku sih pasti cari sufor yang ada GA nya.. :D

irene said...

iya sufor anakku selalu aku berikan yang bernutrivit yang lengkap

arienta said...

kalo anak saya kadang suka kadang nggak makan sayuran sebagai gantinya selalu saya beri sufor anmum khan di dlmnya udh ada nutrivit ataupu GA juga ya

susan said...

emang susu anmum bisa membantu perkembangan anak ya kalo gitu saya mau coba

mamadimas said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

kalo anakku paling susah deh di suruh makan sayuran. sampe berantem2. tp itu dulu sik. sejak anakku ganti susu yg mengandung nutrivit dan vitaminnya lengkap, udah ga kuatir lg. krn asupan gizi dll kan dr sufor nya. aman deh =) oh iya, thanks udh share artikel nya yah

Unknown said...

kalo anakku paling susah deh di suruh makan sayuran. sampe berantem2. tp itu dulu sik. sejak anakku ganti susu yg mengandung nutrivit dan vitaminnya lengkap, udah ga kuatir lg. krn asupan gizi dll kan dr sufor nya. aman deh =) oh iya, thanks udh share artikel nya yah

Unknown said...

anakku suka susah bgt di suruh mkan sayur...untungnya kl soal mnm susu dia ga susah.. dan untungnya juga susunya lgkp nutrisinya..jd tenang dehh bundanya

anjani said...

anakku suka sih makan sayur,, tpi masih pilih2... ga smua sayuran dia suka...kl urusan nm susu dia ga susah dan untungnya ada GAnya yg baik untuk pebcernaan

jenny said...

anakku ga susah makan sayur... tp kl soal mnm susu agak susahh .. kynya dia ga sk rasanya dehh mau aku gantii sihh bunda ada yg bs kasih masukan?

Unknown said...

anakku Alhamdulllah ga susah makamn sayuran dan ga susah mnm susu....susunya ada GA dan nutrivitnya jg g bikin dia ga gampang sakit dan GAnya baik buat pencernaan