Antara Hak Anak dan Kewajiban Ibu (1/5)

Anak, sebagai darah daging kedua orang tua, merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ibunya. Anak mempunyai hak-hak yang merupakan kewajiban orang tuanya, terutama ibunya, untuk menunaikan hak-hak tersebut. Jadi bukan hanya anak yang mempunyai kewajiban atas orang tua, tetapi orang tua pun mempunyai kewajiban atas anak. Secara ringkas kewajiban orang tua atas anaknya adalah sebagai berikut:

1. Menyusui

Wajib atas seorang ibu menyusui anaknya yang masih kecil, sebagaimana firman Allah yang artinya: Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. (QS AI Baqarah: 233)

Allah berfirman, yang artinya:
Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tuanya. lbunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkanya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan. (QS Al Ahqaf 15).

Al 'Allamah Siddiq Hasan Khan berkata,
"Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan. Maksudnya, adalah jumlah waktu selama itu dihitung dari mulai hamil sampai disapih." 2

2. Mendidiknya

Mendidik anak dengan baik merupakan salah satu sifat seorang ibu muslimah. Dia senantiasa mendidik anak-anaknya dengan akhlak yang baik, yaitu akhlak Muhammad dan para sahabatnya yang mulia. Mendidik anak bukanlah (sekedar) kemurahan hati seorang ibu kepada anak-anaknya, akan tetapi merupakan kewajiban dan fitrah yang diberikan Allah kepada seorang ibu.

Mendidik anak pun tidak terbatas dalam satu perkara saja tanpa perkara lainnya, sepertI (misalnya) mencucikan pakaiannya atau membersihkan badannya saja. Bahkan mendidik anak itu mencakup perkara yang luas, mengingat anak merupakan generasi penerus yang akan menggantikan kita yang diharapkan menjadi generasi tangguh yang akan memenuhi bumi ini dengan kekuatan, hikmah, ilmu, kemuliaan dan kejayaan.

Berikut beberapa perkara yang wajib diperhatikan oleh ibu dalam mendidik anak-anaknya:

2.1 Menanamkan Aqidah Yang Bersih
Menanamkan aqidah yang bersih, yang bersumber dari Kitab dan Sunnah yang shahih.

Allah berfirman yang artinya:
Maka ketahuilah bahwa sesugguhnya tidak ada sesembahan yang haq melainkan Allah. (QS Muhammad: 19)

Rasulullah bersabda, yang artinya:
Dari Abul Abbas Abdullah bln Abbas, dia berkata: Pada suatu hari aku membonceng di belakang Nabi, kemudian beliau berkata, 'Wahai anak, Sesungguhnya aku mengajarimu beberapa kalimat, yaitu: jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya engkau mendapatiNya di hadpanmu. Apablla engkau meminta, maka mintalah kepada Allah. Dan apabila engkau mohon pertotongan, maka mohonlah pertotongan kepada Allah. Ketahuilah, seandainya seluruh umat berkumpul untuk memberimu satu manfaat, niscaya mereka tidak akan dapat memberimu manfaat, kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan untukmu. Dan jika mereka berkumpul untuk memberimu satu bahaya, niscaya mereka tidak akan bisa membahayakanmu, kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan atasmu. Pena-pena telah diangkat dan tinta telah kering." 3

Dan dalam riwayat lain (Beliau berkata),
"Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapatiNya di hadapanmu. Perkenalkanlah dirimu kepada Allah ketika kamu senang, niscaya Dia akan mengenalimu saat kesulitan. Ketahuilah, apa apa yang (ditakdirkan) luput darimu, (maka) tidak akan menimpamu. Dan apa-apa yang (ditakdirkan) menimpamu, ia tidak akan luput darimu. Ketahuilah, bahwa pertolongan ada bersama kesabaran, kelapangan ada bersama kesempitan, dan bersama kesusahan ada kemudahan."
4

Seorang anak terlahir di atas fitrah, sebagaimana sabda Rasulullah maka sesuatu yang sedikit saja akan berpengaruh padanya. Dan wanita muslimah adalah orang yang bersegera menanamkan agama yang mudah ini, serta menanamkan kecintaan tehadap agama ini kepada anak-anaknya.

(Salamah Ummu Ismail)
Dikutip dari majalah As-Sunnah 11/VII/2004 hal 57 - 58

Catatan Kaki
1 Diangkat dari buku berjudul Wajibatul Mar'atil Muslimah Ala Dhau'il Kitab Was Sunnah Hlm.103 - 127, karya Ummu 'Amr binti Ibrahim Badawi.
2 Husnul Uswah, hlm. 215.
3 HR. Tirmidzi, dan ia berkata, "Hadits hasan shahih."
4 HR. selain Tirmidzi.

26 comments:

Dear Diary said...

Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan >> bener banget ini. :) harus.. kalau mau pakai sufor juga, cari yang mengandung nutrifit. :)

nilaya said...

benar2 info yg bagus
namun bagaimana dengan ibu yg tidak dapat menyusui dgn asi? misalnya karena asinya sedikit atau sedang sakit? apakah penggunaan sufor diperbolehkan?

Dear Diary said...

mungkin kalau memang dari beberapa faktor sehingga tidak dapat menyusui dengan asi, rasanya tidak masalah diganti dengan sufor.. tentunya sufor yang kandungannya hampir mirip dengan asi..
yang paling cocok untuk perkembangan anak. :)

bimbim said...

ASI MEMANG PENTING YA BUNDA...tapi terkadan ada d antara bunda yg tidak bisa memberikan asi pasa buah hatinya...mk saya rasa tidak apa d ganti sufor .. asalkan yg baik yg byk mengandung zat goxzi yg baik untuk anak

vinavina said...

kadang kita ingin memebrikan yg terbaik untuk anak kita.. tapi terkadang asi tdk keluar...apa daya akhrnya kita perlu sufor untuk menggantikan asi...yg penting kita pilih sufor yg terbaik,yg byk mengandung zat gizi.....

ocha said...

alhamdulillah saya bisa kasih anak saya asi smp umurnya 1 thn,setelh itu saya sapih dgn sufor...kebetulan aku pilih anmum...bgs bunda ada kandungan nutrivitnya yg bikin anak ga gampang sakit......

atiek said...

iya anak saya setelah berhenti tidak ASI sejak umur 1 thn dan saya ganti susu anmum esential dan anak saya umur 2 thn sekrang ...selain ttambah cerdas anak saya jg tdk gampang sakit :)

arienta said...

iya hak anak adalah mendapatkan yang terbaik dari orang tua, dengan mendapatkan asupan gizi yang baik salah satunya susu yang ada AADHA nya yang membantu pertumbuhan otak

irene said...

iya bener kata ocha dan atiek...anmum memang mengandung nutrivit dan terdpt AA DHA nya...saya tahu anmum sejak hamil anak saya ...

susan said...

wahhh ibu ibu yang teladan ya...mengerti apa yang terbaik buat anak anak mereka...dengar dengar anmum ngadain lomba foto juga lho lengkapnya klik aja di http://on.fb.me/dMJd2G

Dear Diary said...

iya tuh mba susan..
aku juga lagi cari tau soal lomba itu sih.. bagi2 yah kalau ada info.. :D

Princess said...

Oh jadi anmum yah yg sejauh ini nutrivitnya semua ada?anak saya kan udah gak ASI dan mau minum susu formula.sepertinya anmum pilihan yg pas ya kyknya?trims buat tips nya

Anastasia said...

Kewajiban Ibu dan hak anak atau memang harus di terapkan. Itu penting bgt. Oiya, sy udah click link ttg lomba foto dr Ibu Susan, soalnya sy penasaran tadi :D Terimakasih ya bu sudah share

Dear Diary said...

eh iya, ngomong2 soal susu formula,
jadi inget deh.. (maap baru inget.. >.<) anmum kan lagi ada lomba tuh.. hadiahnya keren.. he2.. coba cek disini deh.. www.bintanganmum.com
bukan maksud promosi nih yah.. tapi hanya men-share aja.. coba aja di cek ke tkp nya.. :D

Mrs. said...

@ Dear Diary
iya sy jg dngr itu lomba anmum itu. ada link nya atau info lengkap nya ngga, bu? thx

nilaya said...

ada nih.. coba aja cek di wwww.bintanganmum.com :D
disitu lengkap tuh...

Dear Diary said...

iya tuh..
bisa cek di www.bintanganmum.com
atau bisa juga ke twitternya.. @BintangAnmum :D
smoga membantu yah.. :D

atiek said...

eh jangan lupa lomba bintang anmum sampai akhir april lho...

susan said...

iya bentar lagi ya khan udh akhir april ...jadi ga sabar siapa tau anakku menang ...

irene said...

iya lomba foto bintang anmum khan ??? hadiahnya bikin aku tertarik nie buat ikutan :)

nilaya said...

wah.. akhir bulan ini penentuan pemenang yah...
berat nih saingannya

vinavina said...

asi sangat penting untuk pertumbuhan anak kita selain itu mempererat hub antara ibu dan anak

ceuwida said...

katanya anmum lagingadain lomba yahh.. masih bisa ikutan ga bunda? ada yg punya infonya kah?

ocha said...

bunda wida.. lombanya masih bisa d ikuti kok ,masih sampai akhir bulan ini...yu buruan ikiuuuttt

ceuwida said...

oww gt yahh bunda ochaa.. makasi loo infonya... kebetulan udh dpt linknya td www.bintanganmum.com

Flowery said...

yang ikut lombasama yg gxikut bisa dapatkan hadiah menarik.
mudah2an dapat